Thursday 2 July 2020

Life must go on


Life must go on. Kalimat ini tentunya sudah sering kita dengar dan lihat. Biasanya diucapkan oleh orang-orang yang tetap ingin menjalani hidup dengan optimis. Namun, pernahkah kita berpikir, sejauh mana kalimat ini memberikan pengaruh terhadap diri kita.

Ada satu masa, dimana kita perlu melihat jauh ke dalam diri sendiri. Apa yang sudah kita lalui, apa yang saat ini terjadi, dan apa yang akan kita hadapi di masa yang akan datang. Apapun yang terjadi di masa lalu, tidak akan pernah bisa dirubah lagi. Beberapa hal akan disesali, sedang yang lain hanya akan menjadi kenangan indah. Setidaknya masa lalu, masih bisa kita jadikan pengalaman yang memberi pelajaran berharga. 

Yang terjadi saat ini, itulah kenyataan yang sedang kita hadapi. Suka ataupun tidak, tetap harus dijalani. Memutar otak untuk mencari jalan terbaik dalam menghadapinya adalah sebuah upaya kita untuk bertahan. 

Yang akan terjadi di masa datang, tidak pernah bisa kita ketahui dengan pasti. Semua samar dan penuh perkiraan. Namun selalu ada asa di dalamnya. Berjaga-jaga, perlu kita lakukan, agar tidak serta merta hilang akal saat menghadapinya. 

Hidup akan terus berlanjut. Life must go on. Kita perlu banyak belajar dalam menjalani kehidupan ini. 

No comments:

Post a Comment