Friday 7 September 2018

Bahasa Indonesia

Karangan

Sudah cukup lama penulis tidak berbagi pikiran di blog ini. Beberapa waktu ini, penulis merasa perlu untuk menyampaikan hal yang mungkin sebenarnya bagi orang lain tidak begitu menarik perhatian. Tapi bagi penulis sendiri, topik yang ingin penulis bahas ini cukup menantang kepercayaan diri dan kemampuan penulis. Adapun topik tersebut adalah tentang "Karangan". 

Sebenarnya dunia "Karang - Mengarang" ini sudah cukup lekat dengan diri masing - masing kita. Setidaknya, kita pernah diminta untuk menulis sebuah karangan pada saat masih di bangku sekolah dasar dan penulis pun dengan senang hati akan memulai dengan beberapa kalimat "sakti", seperti: pada suatu hari, pada zaman dahulu, saat dahulu kala, atau pada suatu waktu. Sepertinya saat itu, agak sedikit membingungkan bagi penulis untuk menemukan cara mengawali penulisan karangan dengan kalimat - kalimat yang lebih baik. Maklumlah, masih sedikit sekali ilmunya. Seiring dengan waktu, bukan berarti penulis semakin banyak ilmu dan semakin lihai menulis, tapi mulai bisa sedikit demi sedikit mengawali karangan atau tulisan dengan kalimat lain. Cukup lumayan, daripada tidak ada kemajuan sama sekali (cara pembelaan diri yang sedikit hopeless). Itupun masih terbatas untuk penulisan tentang sesuatu hal yang bersifat informatif. Bukan sejenis cerita pendek, apalagi novel.

Mungkin penulis seharusnya lebih aktif mengikuti berbagai training, seminar, dan lain - lain supaya ketrampilan penulis semakin canggih. Amin. Kenapa harus di-Amin-i? Karena ini adalah sebagian dari doa penulis. Dan untuk melengkapi tulisan penulis tentang hal ini, penulis merasa perlu menyisipkan informasi tentang karangan. Informasi ini penulis rangkum dari beberapa sumber. Tujuannya adalah sebagai bahan pengingat, khususnya untuk penulis sendiri. 
























No comments:

Post a Comment