Friday 12 June 2020

Kegiatan Anak Selama Masa Pandemi

Sudah jalan empat bulan kegiatan home learning dilakukan di Indonesia. Berarti, kurang lebih selama itu pula para siswa dan guru tidak hadir secara langsung untuk melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah.
Semua kegiatan pembelajaran tersebut dilakukan secara online ataupun dengan metode yang disesuaikan. Bila dilakukan secara online, pihak sekolah akan memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan data guru, murid serta orangtua. Namun, bila metode online terhalang oleh beberapa hal, tentunya dicarikan solusi dengan cara seperti orangtua menjemput tugas anaknya ke sekolah langsung. Itupun tidak dilakukan setiap hari, namun contohnya sekali sebulan. Para gurunya sudah mempersiapkan terlebih dahulu tugas yang akan diserahkan ke orangtua murid. Baik materi, petunjuk pengerjaan, maupun waktu pengumpulan. 
Karena aspek yang ingin disentuh dalam pembelajaran tentunya tidak hanya kognitif, tapi juga psikomotor dan afektif, maka tugas yang diberikanpun tentunya disederhanakan namun dibuat tetap menarik dan memberi nilai pendidikan. Tidak melulu berupa tugas tertulis menjawab soal, tapi juga dikemas dalam bentuk permainan, hasil karya, dan lain-lain yang bisa dikerjakan dengan mudah dari rumah, agar tujuan pendidikan tetap bisa tercapai. 
Disinilah dituntut kerjasama yang ideal antara guru, murid, dan orangtua. Ideal dalam artian, guru tidak hanya fokus dengan memberi instruksi, tapi juga memikirkan bagaimana instruksi tersebut bisa tersampaikan walaupun dipisahkan oleh jarak. Orangtuapun diharapkan untuk ikut mendukung, baik mengawasi maupun membantu menyampaikan materi pembelajaran. Jangan sampai ada salah satu yang merasa terbebani. Dalam hal ini, komunikasi antara ketiga pihak tersebut memang sangat perlu dibuat seefektif mungkin, sehingga kegiatan home learning ini tetap memberikan hasil yang lumayan maksimal. 
Berikut ini adalah beberapa contoh hasil kegiatan home learning:






Dibalik semua hiruk pikuk kegiatan home learning yang sudah berlangsung, bagaimanapun ada satu hal tetap perlu kita jaga, yaitu kesehatan baik fisik, mental, dan spiritual. Walaupun kondisi saat ini serba sulit, gerak langkahpun serba terbatas, hendaknya kita tetap berusaha untuk menjaga kesehatan ketiga hal tersebut. Hal ini penting agar kita bisa tetap positif memandang kehidupan ini.

No comments:

Post a Comment