Sunday 21 June 2020

Kegiatan di Masa Pandemi

Apa yang bisa kita dilakukan di saat pandemi COVID-19 berlangsung? Mau keluar takut tertular. Mau jalan-jalan, tempat wisata pada tutup. Di rumah saja bosan. Mau belanja, uang pas-pasan. Semua dirasa tidak menyenangkan, semua dirasa serba terbatas. Bisa jadi, hal inilah yang dirasakan oleh sebagian orang.
Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Mungkin beberapa kiat yang ditawarkan berikut ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk mengatasi perasaan tidak nyaman tersebut.

Beribadah

Bila pada hari biasa, ibadah seringkali agak terabaikan oleh kesibukan, pada saat pandemi ini bisa dijadikan kesempatan untuk melakukan refleksi diri. Banyak bersyukur untuk semua nikmat yang masih bisa dirasakan, mohon ampun untuk kesalahan yang pernah dibuat, memperbanyak doa, serta memperbaiki ibadah wajib maupun sunah. Dengan memperbaiki ibadah, semoga kita bisa jadi lebih sabar, tenang, dan diberi kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi semua kesulitan ini.

Menjaga Kesehatan

Tubuh adalah aset utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, kita perlu menjaga kesehatan dengan maksimal. Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kesehatan, contohnya: berolahraga dengan teratur, mengkonsumsi makanan bergizi sehat dan seimbang, istirahat cukup, menjaga kebersihan tubuh, dan menjauhkan tubuh dari berbagai asupan zat berbahaya yang tidak bermanfaat sama sekali untuk kesehatan. Khusus untuk masa pandemi ini, tentunya bisa ditambahkan dengan tidak lupa mencuci tangan, mengenakan masker, dan jaga jarak aman dengan orang lain saat beraktivitas.

Melaksanakan aktivitas sehari-hari

Bagi orang-orang yang tetap harus beraktivitas keluar rumah, hendaknya tetap memperhatikan protokol keamanan. Sedangkan bagi orang-orang yang bisa tetap di rumah, lakukan aktivitas rumah seperti biasa. Ada banyak kegiatan rumah tangga yang bisa kita lakukan bersama di rumah. Mulai dari memasak, menyapu, mengepel, merapikan taman, dan lain-lain. Bila mau lebih menantang, gudang ataupun sudut rumah yang selama ini jarang disentuh, bisa dibongkar, dibersihkan, dan ditata ulang. Bila tidak kuat melakukan sendiri, bisa mengajak anggota keluarga untuk bekerja sama setiap hari. 

Upgrade Kemampuan

Bila sedang home learning atau work from home, tentu secara tidak langsung kemampuan dalam bidang terkait tetap terasah. Namun, bila masa libur tiba atau di saat senggang, bisa dimanfaatkan untuk belajar lebih banyak. Pilihlah hal yang menarik hati untuk didalami, agar lebih semangat belajar. Ada banyak webinar, diskusi dan kursus online di berbagai platform. Anda bisa pilih yang berbayar ataupun yang gratis. Beberapa diantaranya menyediakan e-certificate, bagi yang membutuhkan. Tentunya hal ini memberikan keuntungan bagi kita, berupa: ilmu, pengalaman, dan bahkan pengakuan melalui e-certificate.

Silaturrahim

Tidak sepenuhnya benar bila masa pandemi ini benar-benar membuat kita terisolasi. Secara fisik, mungkin iya. Tetapi dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita tinggal pilih messaging platforms yang ingin kita gunakan. Mayoritas sudah dilengkapi dengan fitur video call hingga tetap bisa saling bertatap muka walaupun tidak secara langsung. Sedangkan untuk kita dan keluarga di rumah, dengan adanya kebijakan belajar dan bekerja dari rumah, membuat jadi lebih banyak waktu bertemu dengan anggota keluarga. Biasanya pergi pagi pulang malam, sesampainya di rumah bersih-bersih diri, makan malam, ngobrol sebentar, lalu tidur. Di masa pandemi, ibarat kata kita bisa terus-terusan bertemu dari pagi hingga pagi lagi. Kesempatan seperti ini bisa digunakan untuk berbicara lebih dalam dengan anggota keluarga. Lebih syukur lagi, bila aktivitas "berbicara" ini menjadikan anggota keluarga jadi lebih dekat dan saling memahami. 

Lakukan hobi

Menurut KBBI, secara harafiah, hobi adalah kesenangan yang kita lakukan di masa senggang. Di saat pandemi seperti ini, bila kita punya lebih banyak waktu senggang, bisa kita manfaatkan dengan melakukan hobi kita yang selama ini tertunda karena kesibukan. Hobi yang bisa kita lakukan tentunya yang bisa kita sesuaikan dengan kondisi pandemi. Misalnya membaca, menulis, melukis, dan lain-lain. Nah, bagaimana caranya bila hobi kita merupakan outdoor activities? Mungkin bisa dialihkan dulu ke arah yang masih berkaitan dengan hal tersebut. Buat yang suka shopping, mungkin bisa dialihkan dengan membuka online shop kecil-kecilan. Sedangkan yang suka naik gunung atau travelling, bisa berbagi pengalaman melalui foto dan cerita di media sosial. Setidaknya ini adalah sedikit upaya untuk mengobati kerinduan terhadap hobi tersebut.
Demikianlah beberapa kiat yang bisa kita jadikan pilihan kegiatan selama masa pandemi. Salam sehat dan tetaplah menjaga diri sendiri dan orang sekitar tetap aman.

No comments:

Post a Comment